Tip Korek Motor Harian, Ada beberapa tip korek mesin motor harian yang perlu anda ketahui, berikut adalah sebagian tip umum untuk pemula. Namun hati-hati kalau sampai kebablasan atau terlalu over dalam pengerjaannya tentu berakibat fatal, ngempos, dan bisa jebol. Padahal kita sudah banyak mengeluarkan banyak biaya.
Beberapa hal yang perlu dirubah adalah :
Memperbesar kapasitas isi silinder merupakan hal dasar untuk meningkatkan power mesin, karena meningkatkan ruang bakar itu sama saja dengan meningkatkan power mesin, Semakin besar ukuran ruang bakar semakin besar tenaga yang akan dihasilkan.
Cam atau camshaft atau Noken as merupakan mesin pengatur waktu kapan membuka dan menutupnya klep, Perlu akurasi yang pas untuk mendapatkan power yang maksimal. Salah perhitungan mengakibatkan salah durasi dan akibatnya banyak tenaga yang tidak tepak alokasinya bahkan ada tenaga yang terbuang. Tips standar membuat cam adalah dibubut maksimal 2 mm untuk korek harian. Harus dipapas dengan mulus supaya gerakan mengurangi gaya gesek dan gerakan templar berjalan mulus.
Porting Polish adalah membuat alur lubang masuk bahan bakar kedalam ruang bakar dan memodifikasinya sesuai sudut dan bentuk arus yang bertekanan tinggi, sehingga arus yang masuk lebih efisien waktunya dan maksimal juga daya hisapnya. Terlalu besar justru malah membuat mesin ngempos, sama halnya pada lubang kenalpot.
Karbu bisa diperbesar lubang venturinya, perbesar lubang skep dan mengubah Main Jet dan Pilot Jetnya yang lebih besar sesuai kebutuhan mesin motor anda. Jika anda bingung bagaimana mengubahnya, anda bisa menggantinya dengan karurator NSR, Yaitu Keihin PE 28. Karena karbu ini mudah disetel dan mampu meningkatkan power karena suplai bahan bakarnya meningkat.
Dalam pengapian ada beberapa yang harus dirubah, Pertama memajukan pengapian pada magnet, kemudian ganti CDI dan Coil dengan yang racing, Busi dengan iridium
Ganti knalpot dengan knalpot Free flow, Bisa ganti dengan knalpot yang sedang lagi naik daun
Crempie Jogja, atau yang garang namun stilis
R9.
Ganti kampas kopling dengan yang racing
Ganti per kopling dengan perkopling racing, atau per kopling yang lebih keras, hasilnya kopling tidak gampang selip.
Ganti per klep dengan racing, ini akan mempunyai kelebihan klep tidak akan berbenturan, atau sundul karena klep cepet kembali keposisi semula.
Semoga tip korek motor harian ini dapat menjadi tambahan informasi anda daqlam mengkorek motor anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar